August 30, 2005

Sidak Dapur

Hai haiiii.......

Idiih.. ternyata dah lama juga ya saya gak ngapdet blog. Yaaah... abis gimanah, kemaren-kemaren dilanda morning sickness rada parah.. bikin males ngapa-ngapain. Maunya tiduraaaan mulu, ngomong aja males. Tapi skarang saya udah kembali segar dan lincah. Tepatnya sejak hamilnya udah mau 4 bulan, mulai deh badannya berasa enak lagi dan jadi doyan makan lagi. Kebiasaan ngendon di dapur juga berjalan lagi.

Waktu morning sickness lagi parah-parahnya, saya gak bisa masuk dapur. Boro-boro masak, berdiri di dapur aja udah kliyengan. Dapurnya sampe brantakaaannnn pisan.. semuanya tumpuk gak karuan. Nah berhubung badannya udah seger, minggu kemaren acaranya adalah NGEBERESIN DAPUR!!

Dan ternyata emang banyak banget yang mesti dikerjain. Rice cooker yang udah berkerak dikosrekkin. Sendok-garpu sama peralatan masak dicuci, dilap trus digosok sampe kinclong. Panci-panci dan wajan-wajan yang tadinya mencelat sana-sini, dicuciin semuanyah.. gak cuman pake sabut cucian, tapi pake sabut spiral besi. Pokoknya berssiiih sampe saya bisa ngaca di wajan!!



Lemari dapur juga dibongkar lagi. Semua isinya dikeluarin, di-vacuum trus kertas alasnya diganti. Isi lemari yang bertebaran dilantai mesti disortir. Nah, disini nih gue nyadar, betapa banyak bahan-bahan pangan yang udah expired. Yahh.. nasib.. Sebenernya sayang ngeliat banyak yang kebuang sia-sia gitu, terutama bumbu instan. Tapi saya gak gitu ngerasa keilangan kok. Kan skarang udah pinter masak, ca'elaah.. Kalo dulu waktu masih pilon di dapur, saya mungkin bakalan nangis terburai-burai ngeliatnya.


Nah, biar gak kecolongan lagi, saya sekalian bikin daftar inventaris bahan pangan dan bumbu yang kesimpen di lemari dapur, biar bisa dikontrol. Soalnya.. isi lemari dapur saya ini berhargaaaaa banget.. terutama bumbu-bumbu fresh. Karena 80%-nya susah banget dicari di Jepang dan harus diimport dari emak saya tercinta di Jakarta. Setelah semuanya kesortir, baru deh diatur lagi letaknya biar rapih dan gampang keliatan.

Kelar ngerapiin lemari dapur, gentian bersiin kompor dari segala minyak dan noda-noda nista. Microwave sama lemari es juga ikutan kena sidak. Trus sink dan segala pernak-pernik diatasnya dibikin mengkilap. Pokoknya semua dibebasin dari debu dan segala macem kotoran... laler aja kepleset. Terakhir, lantai dapur divacuum trus di-pel.

Begitu semua kerjaan selesai, baru deh nyadar,.... udah 5 jam saya ngoprek di dapur!! Buseeeet.... segitu berantakannya-kah?! Dan baru deh ngerasa badannya pegel banget. Tapi gak papah.. udah seneng liat arena bermain saya skarang bersih lagi.. rapiiiii... kinclong..

No comments: