November 13, 2005

Sampah...


Ugghhh.... ini nih salah satu hal kecil tapi bikin perbedaan antara hidup di Jakarta dan hidup di Jepang jadi besar.

Iya sih.. Jakarta memang lebih 'jorok'. Sampah gak terkelola dengan baik, yang buntutnya bikin kumuh, bikin got mampet, bikin banjir, dll... Tapi untuk masalah mekanisme pembuangan sampah, jauh lebih sederhana di Jakartaaa... Dirumah-rumah (at least daerah rumah saya lah), sampah diangkut sama tukang sampah tiap hari, 7 hari seminggu. Asal iurannya lancar, gak bakalan deh ada acara sampah numpuk. Paling cuma libur kalo si tukang sampah mudik Lebaran.

Begitu pindah ke Jepang, baru deh saya ngalamin dipusingin urusan sampah. Bukan karena jorok lhoh.. justru negara ini bersih sekali. Tanpa harus diancem denda uang seperti di Singapore pun penduduknya gak suka buang sampah sembarangan. Tapi buang sampah disini bukan masalah yang sederhana.

Pertama, sebelom dibuang, sampah mesti dipisah-pisahin jadi beberapa kelompok.

  • Kelompok 1: moeru-gomi alias sampah yang bisa dibakar (kulit telor, ikan, sayur busuk, etc)
  • Kelompok 2: moenai-gomi alias sampah yang gak bisa dibakar (sampah berbahan besi, kaca dan gas; misalnya payung somplak, kaca pecah, botol hair spray, lighter, dan sejenisnya)
  • Kelompok 3: sampah yang mengandung toxic (batere, lampu neon, etc)
  • Kelompok 4: sampah yang bisa didaur-ulang (berbahan dasar platik, beling, kertas, karton & kain)

Kelar misah-misahin sampah, kerjaannya belom slesai sampe disini. Masing-masing kelompok mesti dibuang menurut jadwal dan itupun gak tiap hari!!

Sampah kelompok 1 diambil tiap pagi hari Senin-Rabu-Jum'at. Kelompok 2 diangkut tiap dua minggu sekali. Sampah kelompok 3 diambil cuma sebulan sekali tiap tanggal 1. Terakhir sampah kelompok 4, diambil tiap hari Sabtu dan itupun mesti dikemas terpisah. Sampah plastik sendiri, sampah kain sendiri dan seterusnyah.. karena petugas pengangkutnya beda-beda.

Buangnya juga gak boleh sembarangan. Botol plastik misalnya.. mesti dibejek-bejek dulu sampe tipis, baru dimasukkin kantong. Sampah kardus mesti dilipet dulu yang rapi dan diiket. Sampah kain kayak baju bekas juga mesti dilipet rapi, seolah-olah mau disimpen di lemari pakean. Respot!!!

Harus diakui kalo sistem ini bagus buat ngejaga lingkungan. Tapi ya tetep aja, ngrepotin buat saya kalo mesti nginget-nginget sampah ini mesti dibuang kapan, sampah itu dibuang kapan. Saya juga jadi gak bisa cuma punya satu tong sampah di dalam rumah akibat urusan mesti dipisah-pisah itu tadi.

Nah.. yang paling tidak menyenangkan adalah bagaimanapun tetep terjadi penumpukkan sampah didalam rumah akibat gak bisa diangkut tiap hari! Penumpukkan paling parah terjadi tiap weekend karena baru bisa dibuang hari Senin-nya. Mangkanya, biar sampah gak numpuk, tiap weekend terpaksa libur masak. Malah beberapa kali kejadian, hari Senin pas lagi tanggal merah.. jadilah si tukang sampah kagak nongol dan baru dateng hari Rabu-nya. Haduuuuu.......

Kerepotan ini masih ditambah sama aturan internal dari oya-san (pemilik gedung apartemen). Area khusus emang udah disiapin di halaman apartemen untuk seluruh penghuni buang sampah disitu, tapi kita cuma boleh ngeluarin sampah pagi hari. Soalnya kalo dari malem sebelumnya udah dibuang, nanti diobrak-abrik karasu (gagak) yang emang jadi musuhnya orang Jepang gara-gara demen ngoprek sampah. Tapi kalo saya mah suka curang... Malem-malem kalo udah sepi.. saya keluarin aja sampahnya. Abis risih liat tumpukkan gituan di dalem rumah!! Blom lagi kalo pake acara kesiangan bangun dan tukang sampahnya keburu lewat.. masa iya saya mesti nungguin sampe jadwal pengambilan berikutnya?!

Yang lebih lucu lagi kalo kita mau ngebuang sampah berukuran besar kayak radio compo, sofa kutuan, kasur brodol, kursi doyong, etc.. Ini lebih susah lagi mbuangnya karena gak bisa dibuang begitu aja. Memang gak bakalan dioprekkin gagak, tapi juga gak bakalan diangkut ama tukang sampah!! Yang ada malah kita dapet surat cinta dari tukang sampah, yang isinya harap menghubungi perusahaan jasa khusus untuk membuang sampah kayak gini. Dan kita juga mesti ngeluarin biaya pengangkutan untuk benda ringsek yang kita buang. Buseeettt!!!! Orang mau mbuang kok disuruh mbayar??!!!

See... some things are even better in Indonesia. Jadi jangan pada ngejelek-jelekkin Indonesia mulu deh..

No comments: