December 10, 2005

Bonenkai

Menjelang akhir tahun, bangsa Jepang punya tradisi yang disebut Bonenkai. Ini adalah pesta dan ngumpul bareng sama temen-temen untuk 'Melupakan Tahun'. Maksudnya kalo di tahun ini ada yang musuhan, ada yang berantem, ada kesalahan, ada yang sedih-sedih... nah pesta ini diadain untuk melupakan semuanya, dan mengharapkan hal-hal yang baik untuk tahun mendatang.

Bonenkai ini memang bukan event keluarga, tapi dalam lingkungan 'temen sekolah', 'temen kuliah', 'temen organisasi' atau 'temen kantor'. Biasanya berlangsung akhir tahun antara setelah Natal sampai sebelum tahun baru, dan diadain di resto, cafe atau Izakaya. Nah, nanti setelah tahun baru, biasanya orang Jepang pada pesta lagi... namanya Shinnenkai. Artinya pesta untuk menyambut tahun baru. Pesta muluw ni orang Jepang..

Seperti hal-nya Nomikai, Bonenkai ini pasti 'diramein' sama acara minum-minum, dan pasti selalu ada sake. Makanya gak heran kalo lagi jaman bonenkai gini, di jalanan banyak 'ranjau muntah' yang ditebar sama orang-orang yang kebanyakkan minum.

Saya disini emang gak punya komunitas tertentu.. lha wong sekolah enggak, kerja juga enggak. Tapi saya sempet ngerasain bonenkai tahun lalu, waktu diajakkin sama temen-temen satu lab-nya suami. Nebeng dong aaah!

DSC01085

Foto itu diambil waktu bonenkai tahun lalu. Kalo tahun ini saya gak ikutan. Gak mungkin laah, orang udah hampir waktunya melahirkan...


Location: Toriya Ichioku, Tsudanuma

No comments: