February 4, 2007

Warm Winter

Di taman, kodok-kodok pada keluar. Padahal mestinya hari gini mereka masih hibernasi.
Di mall, baju-baju untuk musim dingin udah digelar. Padahal tahun lalu, sampai awal Maret masih 'dikuasai' winter collection.
Di supermarket, haru no yasai (sayuran musim semi) udah mulai dijual. Padahal sayuran ini cuma dipanen awal musim semi, lah sekarang kan mestinya masih winter.

Ada apa ini ya?

Gak cuma di Indonesia kok yang cuacanya aneh, di Jepang juga nih.. Februari yang mestinya lagi puncak-puncaknya dingin, hari ini suhu-nya malah tembus 20 derajat.

Musim dingin tahun ini memang aneh banget. Kalau musim dingin tahun kemarin parah banget sampe turun o-yuki (salju besar) di daerah rumah saya, nah musim dingin tahun ini bisa dibilang nggak dingin. Malah lebih banyak hari-hari yang anget.. aneh kan?

Yah, kasian juga sih mereka-mereka yang rejekinya justru ditangguk di musim dingin. Tahun ini mereka banyak yang rugi...
- Para pemilik ryokan (penginapan) di banyak ski-jou (arena main ski) pada merugi. Salju sih disana tetep turun, tapi gak bisa numpuk.. gak bisa buat main ski. Jadinya gak ada yang dateng main ski, dan ya gak ada yang nginep..
- Penjualan oden dan yaki-imo, makanan khas musim dingin di Jepang, menurun. Soalnya karena gak terlalu dingin, orang jadi males makan yang panas-panas.
- Petani nori pada rugi, soalnya nori-nya membusuk akibat suhu air laut terlalu cepat menghangat.
- Pabrik-pabrik sake juga pada ketar-ketir, soalnya sake-nya berubah rasanya. Produksi sake yang memang biasanya dibuat pada musim dingin memang sangat bergantung pada suhu. Tahun lalu yang dinginnya gila-gilaan, di sekeliling tabung-tabung sake harus dikasih heater supaya gak beku. Tapi tahun ini sampe terpaksa mesti dicemplungin termos isi es batu biar dingin.

Tapi buat saya yang gak tahan dingin, musim dingin tahun ini menyenangkaaaaaaaaan sekali :D Sama sekali tidak menyusahkan, dan yang jelas saya banyak dapet untungnya!
- Tagihan listrik gak bengkak. Karena gak terlalu dingin, jadi kita jarang banget nyalain heater. Beda sama tahun sebelumnya, yang setiap hari sampe harus nyalain 2 heater.
- Kalo keluar dari kamar mandi gak menggigil. Padahal tahun lalu, setiap kali abis wudhu pasti gemeteran.
- Kalo pergi-pergi gak perlu pake sarung tangan dan penutup kuping.
- Kalo pergi-pergi gak perlu sangu poka-poka
- Kalo pergi-pergi cukup pake jaket yang kadar ketebalannya biasa. Padahal tahun lalu, udah pake long john, baju dobel, sweater, trus masih harus pake mantel musim dingin yang tebeeeel dan beraaat.
- Kepala hampir gak pernah sakit karena kena hawa dingin.
- Hampir setiap hari bisa jemur cucian baju di luar. Hemat uang karena gak perlu dimasukkin ke dryer.
- Walaupun lagi musim dingin, tetep bisa sering-sering bawa Ken-chan jalan-jalan keluar rumah, karena cukup anget :D

Tuh, asik kan???

(Gimana sih... bukannya ikutan ketar-ketir mikirin global warming malah girang... )

No comments: