March 23, 2007

O-Sotsugyou

Go-shujin adalah salah satu orang yang 'sirik' sama selebriti yang mendadak dapet gelar doktor. Cekikik....!

Entah dari mana dapet gelarnya, pokoknya tau-tau dapet aja... tanpa harus susah-susah kenkyu (riset), tanpa harus susah-susah happyou (presentasi), tanpa harus susah-susah bikin ronbun (disertasi). Tau-tau aja dapet, kayak orang ketiban duren. Padahal, banyak orang yang bener-bener berusaha untuk nyelesein doctoral course (dengan cara yang semestinya) harus berkorban banyak. Fisik dan mental. Lahir dan bathin. Moril dan materil.

Di Jepang sini, banyak mahasiswa S3 dari Indonesia yang terpaksa berkorban perasaan, harus tinggal jauh dari keluarga. Ada temen kita yang gak bisa pulang waktu anaknya lahir, karena alasan ekonomi. Ada juga yang terpaksa harus pulang sebelum sekolah selesai, lagi-lagi karena gak ada biaya.

Go-shujin, saya dan Ken-chan sangat beruntung karena kita bertiga berhasil dapet residensial visa, sedangkan banyak yang anak-istrinya harus pulang karena application visa-nya ditolak. Meskipun kita kudu 'always living in tight money policy', tapi kita tetep bisa bertahan tinggal dan hidup sehat bersama disini.

Yang diatas itu baru 'beban diluar kampus'. Beban kuliah yang sebenernya jauh lebih berat lagi. Biarpun bukan saya yang harus sekolah, tapi saya ngeliat sendiri gimana go-shujin mesti bersusah payah. Begadang terus-terusan, sering gak sempet makan, tidur sehari cuman 2-3 jam... karena mesti babak-belur nyusun berbagai paper, happyou dan disertasi. Berangkat pagi-pagi waktu Ken-chan belum bangun, trus baru pulang malem waktu Ken-chan udah bobo.

Makanya, waktu perjuangan yang 'berdarah-darah' ini mencapai puncaknya waktu go-shujin sotsugyou 22 Maret kemarin, rasanya tumplek blek. Ya lega, ya seneng, ya bangga. Apalagi waktu tau go-shujin nilainya straight A dan jadi wisudawan S3 termuda dari Chiba Kogyo Daigaku tahun ini.


the venue : Makuhari Messe



he made it!! now he's officially a Dr.Eng!


[related post please click here]

2 comments:

legal alien said...

moshi2..ibu RT,
kita udah kenalan di 'dapur' kan..
boleh ya ngintip ruangan2 laen,krn secara 'ilmu kesusastraan' org menulis untuk dibaca, bechul ?!
anyway, biarpun 'basi' congratulation yah, buat your go-shujin ( kalo yg ini artinya dah nanya ke mine :-D )
doa-nya biar bisa amal ilmu supaya bangsa indonesia tercinta bisa lebih pinter jadi ga dikadalin bgs laen, heheheh....

the shufu herself said...

amiiiiiiiin.... tengkiu mpok fenny :)