January 10, 2012

Lebih Tenang dengan Anggaran

Selalu ada saat pertama untuk setiap hal. Dan inilah saatnya untuk saya pertama kali bikin anggaran rumah tangga. Kalo lantas terlintas pertanyaan, 'buset, kemana aja baru bikin sekarang?', mari kita tos dulu. Sama! Saya sendiri juga mikir gitu kok.

Jujur aja, selama 7 tahun menikah, saya adalah istri yg katrok urusan atur-atur uang. Falsafah yang dahulu selalu saya pake adalah 'mengalir sajalahhh'. Mungkin buat aspek kehidupan yang lain, falsafah kayak gini mantep banget. Tapi ternyata TIDAK buat urusan keuangan. Yang ada, uang emang beneran mengalir, tapi gak jelas ngalirnya kemana. Ujung-ujungnya belom tanggal 10 udah blank bin bokek.

Walaupun sangat terlambat sadar, saya gak mau lah terus-terusan jadi bini katrok. Capek bokek mulu. Dan keuangan yang berantakan ini potensial banget loh nyulut petasan berantem. Sumpe nyebelin! Ditambah lagi dengan adanya anak-anak, saya sama sekali sekali gak boleh hidup sembarangan. Mak-dar-it... persis di akhir tahun 2011 saya menetapkan solusi (catat yak, bukan resolusi) keuangan tahun 2012 adalah : bikin anggaran, rajin mencatat dan kudu disiplin. *Iya, waktu ngomong gini ke go-shujin, alis matanya naek sebelah pertanda 'kok baru sekarang sih!'*

Jadi... selama seminggu terakhir 2011, saya khusuk semedi di depan laptop nyusun anggaran. Tiap malem sampe begadang pula. Terinspirasi oleh temen saya @muttimitha, gak tanggung-tanggung saya bikin anggaran langsung untuk setahun penuh! Howahahahaha....

Pertamanya bikin untuk sebulan aja udah nyaris nyerah *maapkan anak sastra yang 4 tahun kuliah gak pernah dapet matematika, jadi kalo ada itungan dikit aja langsung pengen kabur*. Tapi begitu anggaran Januari 2012 kelar, saya ketagihan :D Februari, Maret, April.. lama-lama bablassss sampe Desember. Dan berhubung saya banci detail, rencana monthly expenses dirinci sekecil-kecilnya, termasuk kapan semuanya harus dikeluarin. Rasanya pengen ngaca dan sisiran sambil berkata: "Ada apa dengan dirimu???". Eh, gak usah ngaca deh.. waktu presentasi ke go-shujin, doi juga sama aja bingungnya kok. Istrinya.. yang tukang kebobolan kantong.. yang katrok ngitung duit.. bisa bikin anggaran buat setahun?

Keliatannya gak realistis yes... Tapi saya takut kalo bikin cuma untuk sebulan, bulan depannya males bikin, trus kebobolan lagi. Akibatnya? Bokek lagi. Ogah!!! Lagipula ternyata lebih enak bikin sekaligus satu tahun. Malah jadi lebih mudah memeta pos-pos pengeluaran, dan bonusnya justru bisa menentukan target tiap bulan. Saya malah keasikan sendiri juggling sana-sini ngatur pos-pos, dengan modal penghasilan suami yang cencunya tidak unlimited. Tapi justru karena bujet anggaran ada batasnya, saya malah jadi tertantang mikir gimana caranya supaya semua kebutuhan hidup bisa ter-cover plus bisa memenuhi setiap target dengan dana yang ada. Dan pada akhirnya terciptalah anggaran 2012 buatan saya, dengan tema: Ketat, Mini, Transparan.

Okeh.
Rencana anggaran itu adalah teorinya.
Prakteknya gimana?

Sekarang tahun 2012 sudah berjalan 10 hari. Biasanya tanggal segini saldo rekening udah tipis dan udah mulai bengong. Tapi tanggal 10 bulan ini beda banget sama tanggal 10 bulan-bulan kemarin. Kalo kemarin kantong udah tipis, tapi masih banyak yang mesti dikeluarin. Naaah, tanggal 10 bulan ini, segala sesuatu yang harus dibayar -mulai dari segala tagihan, cicilan, uang sekolah, zakat sampe arisan- alhamdulillah udah dibayar. Pos-pos pengeluaran yang masih akan berjalan e.g. belanja harian atau bensin alhamdulillah sudah duduk manis di tempatnya masing-masing. Sekarang yang ada di dompet saya sama go-shujin bener-bener uang untuk hepi-hepi yang bisa digunakan tanpa rasa was-was macam 'besok buat bensin ada duit gak ya?'.

Alhamdulillah juga dari anggar-menganggar ini, kami malah jadi bisa kembali menabung, suatu hal yang dulunya syusyaaaaah sekali dilakukan. Kalo dari berbagai saran perencana keuangan, katanya sih tabungan itu minimal 30% dari pendapatan. Kalo saya mah, gak usah gitulah. Lebih fokus mendisiplinkan diri menabung yang rutin daripada mikirin jumlahnya tapi gak ditabung-tabung jugak.

Emang sih prakteknya gak segampang yang dikira. Ternyata bikin anggaran jauh lebih mudah daripada menaati anggaran *nangis darah*. Gak tau ya buat orang lain. Tapi buat saya yang newbie ini, butuh niat kuat macam orang mau berhenti ngerokok. Waktu gaji go-shujin dateng, rasanya napsu pengen beli ini-itu, kesini-kesitu. Tapi eliiiing, eliiing.... sebelum semakin banyak saitonirojim mengelilingi saya, langsung saya pisahin berdasarkan pos dan langsung ditunaikanlah segala kewajiban bayar-membayar

Apakah sekarang hidup saya jadi lebih enak? OH IYAAAAA, JELAS!! Pokoknya hidup jadi jauh lebih tenang dan legaaaa banget. Tidur malem pun bisa bebas ngorok tanpa gangguan pikiran. Saya udah ngerasain idup enak kayak gini, gak mau lagi deh balik gak enak kayak sebelumnya. Bokek lagi? Insya Allah enggak deh yaaaaa......

No comments: