August 15, 2011

Ruang Tunggu Rumah Sakit

Pernah ngerasain mau periksa ke dokter tapi gak dapet bangku di ruang tunggu?

Saya pernah. Dan kalo lagi hamil, rasanya mengesalkan sekali. Bukannya mentang2 hamil trus minta diistimewakan ya. Tapi emang kalo lagi hamil, bobot yang harus disanggah itu jauh lebih berat. Berdiri lama bisa nyiksa banget. Tapi mau duduk, juga gak bisa.. gara-gara bangku ditempati sama orang2 yang sebenernya gak perlu duduk disitu.

Well, i tweeted about this before. Sempet sekali kejadian, waktu saya lagi nunggu giliran periksa kandungan, ruang tunggu bagian kebidanan itu penuuuuh banget. Gara-garanya bangku2 di ruang tunggu 'dikuasai' sama pasien yang dateng bawa rombongan. Yang satu bawa bapak, ibu, bapak mertua, ibu mertua, sodara dan entah siapa lagi. Yang satu lagi lebih kebangetan, selain bawa orang tua juga bawa sodaranya sekeluarga, anak-anaknya, anak-anaknya sodaranya dan masih ditambah baby sitter-baby sitternya. Iseng saya itung, 18 bangku dikuasai dua rombongan itu. Yang hamil? Ya cuma dua. Rombongan sirkus itu dengan cueknya duduk sambil ngobrol2, anak2nya pada jejeritan, baby sitternya pada duduk bengong... ga peduli banyak pasien lain (yang lagi pada hamil, tentu saja!) gak kebagian tempat duduk. Pengen deh rasanya teriak ke kupingnya rombongan itu : "Nunggu gih di kantin sanah!!!"

*eh saya tiap kali periksa kandungan juga selalu dateng bertiga ya... sama go-shujin dan Ken. tapi kami tau diri. kalo lagi banyak orang, go-shujin sama Ken berdiri atau nunggu di kantin*

Sampe rumah, saya ngedumel ke go-shujin. Kenapa sih periksa kandungan harus bawa rombongan segitu banyaknya? Dan mulailah saya ngebandingin sama waktu jaman hamil si Ken di Jepang. Sepanjang ingetan saya, tiap kali periksa kandungan, yang dateng ya cuma si ibu hamil. Jarang ada yang dianter suaminya. Ruang tunggu jadi tenang, gak riweh kebanyakan orang yang gak berkepentingan. Blablabla.... blablabla...

Seperti biasa, pertamanya go-shujin cuman manggut2 aja. Pas saya selesai ngomong, langsung dibabat huahahahaha.... Menurut dia, orangnya gak bisa sepenuhnya disalahin. Udah kebiasaan orang Indonesia yang emang suka ngeriung, kemana-mana berombongan. Apalagi kalo mau ada anggota keluarga baru, semuanya pasti pada pengen liat.. pengen tau perkembangannya. Kenapa di Jepang gak begitu? Ya kemungkinan besar karena kami dulu tinggalnya di area Tokyo. Penduduk Tokyo hampir semuanya adalah pendatang atau commuter. Jadi kalo periksa kandungan ya dateng sendirian, gak bawa keluarga.. karena keluarganya, bude-pakdenya, mbok-mboknya ya ada di kampung masing-masing. Suaminya si bumil juga jarang banget bisa nganter, karena harus ngantor. Jadwal praktek dokter memang biasanya hari Senin-Jumat, jam 8 sampai jam 3 sore. Jadilah para bumil di Tokyo dateng periksa kandungan sendirian.

Kata go-shujin, yang patut dipersalahkan adalah arsitektur rumah sakitnya. *dasar yaaa arsitek, ga jauh-jauh deh* Harusnya fungsi bangunan disesuaikan dengan kegiatan di dalamnya. Udah tau kebiasaan orang Indonesia seperti itu, kok bikin ruang tunggu cuman secuplik. Go-shujin lantas ambil contoh RSIA di Kemang yang lagi naik daun itu. Ruang tunggu bagian kebidanan sempit banget, dan tempat duduk yang disediain cuma sedikit. Sementara ruang praktek dokternya luaaaas, lobinya juga ngablak tapi gak berfungsi apa-apa. Cuma jadi lahan kosong yang mubazir aja.

Seharusnya kalo mau ideal, bikin lah seperti Aga Khan Hospital di Nairobi, Africa yang dapet penghargaan bidang humanity. Sifat orang Afrika katanya hampir seperti orang Indonesia, suka ngeriung. Jadi di rumah sakit dibuat banyak kubikel ruang tunggu yang nyaman. Walaupun bangunannya gak mewah, tapi manusiawi. Kesannya juga gak riuh rendah riweh kayak pasar.

Hhhhhh, anyway... berhubung di rumah sakit tempat dsog saya praktek tak ideal kayak di Nairobi, jadi trik yang saya jalanin untuk menghindari dongkol hati adalah sebisa mungkin selalu register dulu lewat telepon jauh hari sebelumnya. Biar saya dapet nomor giliran awal, kalo perlu nomer satu!




No comments: