April 22, 2011

Living Maidless

Yakkkk... sampai hari ini kami masih bertahan hidup maidless :D

Ini bukan keadaan yang baru buat kami. Karena toh waktu masih jadi perantau di Jepang, kami juga gak punya PRT sama sekali. Tapi kondisi disini kan jelas beda dengan disana. Disana kami tinggal di apartemen mini yang gak makan banyak waktu + tenaga untuk bersih-bersih. Nah, disini nih... tinggal dirumah kecil tapi tingkat dua, plus saya lagi hamil, bikin sempet pesimis. Gak bakalan bisa nih kalo gak punya asisten. Secepatnya setelah si PRT yang lalu cabut, mau dicari gantinya.

Tapiiiii itu cerita dua bulan yang lalu.... Nyatanya, sampe hari ini kami masih survived living maidless. Howahahahahaha!

Kalo dibilang capek ya capek, tapi gak gitu2 amat. Gak sampe bikin sutris. Saya sama go-shujin masih selalu bisa nyante2 dan ketawa2. Masih sempet ngapa-ngapain. Untuk ngerjain semua, jelas lah harus bagi-bagi tugas. Gak cuma saya sama go-shujin, tapi Ken-kun juga kebagian tugas. Kalo nggak begini, sistem kesejahteraan gak bakalan jalan. Ada tugas yang bener2 cuma saya yang ngerjain, ada tugas go-shujin. Ada juga tugas yang kita bisa kerjain bareng2, atau kalau salah satu gak bisa/gak sempet ya yang lain yang ngerjain. Kira-kira pembagian tugas dirumah kami seperti ini:

Tugas saya
1. Masak ---> tiap hari
2. Cuci piring ---> tiap hari
3. Setrika baju. ---> sistem sesat. yang disetrika cuma baju untuk pergi aja. baju utk dirumah cukup dialusin pake tangan dan dilipet rapi
4. Ngurus kebutuhan Ken-kun ---> tiap hari


Tugas go-shujin
1. Cuci mobil ---> tiap hari
2. Ngosrek WC/Kamar mandi ---> seminggu sekali
3. Gunting rumput dan bersihin gudang. ---> sebulan dua kali
4. Beresin kamar kerjanya ----> kalo udah brantakan

Tugas Ken-kun
1. Rapihin sepatu dan sendal ---> tiap hari
2. Nyalain/matiin lampu ---> tiap pagi dan sore
3. Bawa pakaian kotor dari kamar mandi ke keranjang baju kotor. ---> tiap hari
4. Beresin mainan ---> tiap hari

Tugas bersama
1. Nyapu ---> tiap hari
2. Ngepel ---> seminggu 2-3 kali. saya bagian ngepel atas + balkon, go-shujin ngepel bawah + teras.
3. Cuci baju ---> dua hari sekali
4. Jemur cucian ---> dua hari sekali
5. Beresin tempat tidur. ---> tiap hari
6. Cuci jendela / ngelap roller blind ---> sebulan 2 kali

Tentunya karena tenaga dan waktu juga terbatas, kita banyak saling memaklumi. Misalnya kalo gak sempet nyapu-ngepel tiap hari, ya sudahlah... 3 hari sekali juga masih oke. Cucian udah dijemur tapi lupa diangkat, ya sudahlah... paling kita cengar-cengir aja, trus dicuci lagi bareng2. Tamu2 yang dateng juga harus maklum. Jangan ngarepin rumah kita sekinclong rumahnya sendiri. Kalau berani komen macem-macem, saya suruh bantuin ngepel atas-bawah sama nyuci 2 rit!!

Lama-lama kita malah jadi terbiasa ngerjain semua sendiri, dan malah merasa nyaman. Kayaknya bebas aja hidup hanya sama keluarga sendiri, gak ada orang asing di dalam rumah. Alhamdulillah Ken-kun juga udah mulai mandiri. Bisa mandi dan keramas sendiri, kalau butuh apa-apapun dia udah ngerjain sendiri.

Sampai kapan kita bisa bertahan tanpa asisten? Yaaah.. liat aja deh nanti!

No comments: