February 28, 2011

Oh PRT... (or ART??)

Bertepatan dgn pindahnya kami ke rumah sendiri, saya ternyata juga hamdun anak kedua. Bongkarin barang belum selesai, tapi kehidupan sehari-hari harus terus berjalan. Dan namanya juga hamil muda, bawaan mabok lagi lucu-lucunya. Kondisi inilah yang memaksa orang tua dan mertua memaksa kami pake jasa PRT. Yo wes laaah.... kami turutin aja.

PRT pertama datang, namanya bi Ida. Ngakunya umur 35 thn. Tapi mukanya udah keliatan 45 thn, dan memang dia udah punya cucu katanya. Walaupun tenaganya besar, tapi ternyata dia gak siap kerja, karena memang blas belom punya pengalaman kerja. Saya sih gak keberatan ngajarin, cuman kendalanya adalah: dia gak bisa bahasa Indonesia sama sekali. Bisanya bahasa sunda, dan sebaliknya saya gak bisa bahasa sunda. Bingung kan?

Bi Ida awalnya gak mau pulang sebelum Lebaran, tapi nyatanya dia cuma bertahan di rumah saya kurang dari sebulan. Yah, saya juga gak berniat nahan sih. Kalo mau keluar, silakan. Karena, selain kendala bahasa, manner-nya juga sangat minus. Dia juga gak berhati2 kerja dan beberapa kali bikin rumah dlm situasi yang bahaya. Kompor lupa dimatiin sampe bau gas kemana-mana, nyetrika sambil ngelamun sampe setrikanya jatoh dan pecah. Yang lebih mengesalkan lagi, ternyata kalau kita pergi, dia suka main entah kemana.. ninggalin rumah dalam keadaan kosong blong dan pintu pagar terbuka. Cakep.

Oke, bi Ida pergi, langsung dapet gantinya. Namanya Narsih, masih 18 tahun. Kekuatannya gak sebesar si bi Ida, tapi dia sudah pengalaman kerja bertahun-tahun. Bisa masak, tau sopan-santun, cukup rajin dan cukup bisa jaga kebersihan. Terus terang saya merasa sangat terbantu dengan adanya Narsih. Karena pas dia mulai kerja, mual-mual dan lemes saya makin parah. Yang paling menyenangkan, dia bisa deket sama Ken-kun, gak hobi keluyuran dan pinter mijet :D Dia suka nawarin pijet, dan kalo muka saya pucet dia sering bilang, "ayo ibu makan dulu.. ayo ibu istirahat dulu.."

Narsih ini juga niat kerja. Dia bilang "Kalo ibu lahiran pas Lebaran, saya pulangnya taun depan aja deh bu. Saya kirim duit aja ke kampung." Karena dia keliatan suka belajar, saya sama go-shujin juga udah berniat kalo ada rejeki mau ikutin dia kursus apa gitu kek.. biar dia gak selamanya jadi PRT, tapi bisa sukses juga.

Ternyataaah... si Narsih juga cuma sebulan dirumah saya -_- Bukan salah dia sih. Mendadak dapet telepon dari kampung, nyuruh dia pulang karena mau dikawinin. Kasian loh si Narsih, waktu saya kasi tau, dia ketakutan sendiri. "Saya mau dikawinin sama siapa bu?" Laaaah... mana saya tau. Tapi dari kampung bertubi2 ada telepon. Jadi ya sudahlah, dengan berat hati kami kirim dia pulang kampung. Belakangan, saya nemu surat dari Narsih di bawah tempat tidur kamar PRT. Tulisannya : buat bapak, ibu, abang Ken . Isinya minta maaf, dia bener2 gak pengen pulang tapi kalo gak pulang takut durhaka sama orang tua :((

Sekarang kita lagi nyari PRT baru lagi. Mungkin dapet orang yang sifatnya beda lagi, dan ceritanya nanti bakalan lain lagi. Sukur-sukur dapet yang kayak Narsih. Tapi siap-siap juga kalo dapet yang 'ajaib'....

No comments: