February 23, 2010

Nama Jepang

Kemaren ibu saya nanya, kenapa anak Indonesia yang lahir di Jepang kebanyakan dikasi nama Jepang? Kalo lahirnya di negara lain, Amerika misalnya, belom tentu dikasih nama bule.

Ok. Rasa-rasanya sih emang gitu. Saya buktinya, ngasi nama Jepang ke anak saya. Padahal anak saya tulen JAPAN (Jawa-Padang). Anaknya temen-temen Indonesia yang lahir di Jepang juga gitu, ada yang namanya Ryo, Ryu, Airi, Niki, Sakura.

Sebenernya mau anak saya lahir dimanapun, saya udah tekad bulat ngasi nama dengan ejaan sesimple mungkin. Gak pake huruf dobel-dobel 'ff', 'zz', 'rr'. Yang simpel gak usah dibikin ribet. Misalnya Risa, tapi ditulisnya Rhiesscha. Ini supaya anak saya gak merasakan kayak ibunya, yang dari kecil udah biasa banget mengalami 'salah sebut' dan 'salah tulis'. Nama di KTP dan ijazah saya bolak-balik salah ketik, dan ngurus ralatnya harus bolak-balik juga. Tau sendiri kan, orang kelurahan kalo lagi ngetik, rokoknya teteup aja diselipin di jari (pantesan salah mulu).

Nah, kalo dibilang ngasih nama Jepang karena mentang-mentang lahir di Jepang, itu ada benernya. Justru karena lahirnya di Jepang jadi saya pilih nama Jepang buat dia.

Kenapa?

...supaya nama anak saya juga gampang disebut dan gampang ditulis sama orang Jepang. Orang Jepang tuh rempong bener kalo disuruh nulis huruf latin atau ngomong bahasa lain selain bahasanya sendiri. Kalo nama Ken kan bisa ditulis pake huruf katakana/hiragana, pake kanji juga bisa. Lidah Jepang juga langsung bisa nyebut nama Ken tanpa salah. Gak kayak nama saya. Orang Jepang cuma mampu nyebut dan nulis nama depan saya (pake huruf katakana pastinya). Kalo untuk middle & last name saya, mereka nyerah... Karena terlalu ribet, jadi mentok-mentok saya dipanggil "Tanya-san" thok.

Nama Ken sendiri dipilih karena itu nama Jepang, tapi gak asing didenger sama orang Indonesia. Artinya juga bagus, tergantung dari huruf kanjinya. Bisa berarti pintar, kuat, sehat, pedang. Sebenernya sih, karena bokapnya si Ken itu arsitek, jadi Ken diambil dari kata 'kenchiku' (arsitektur).

Nanti anak kedua pake nama apa yaaaa....

No comments: